17 agustus tahun 45’…

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

karangan : H. Mutahar

hhh, gak kerasa ya negara tercinta kita sudah 65 tahun meraih kemerdekaan.

tapi coba liat deh, udah apa aja yang kita lakukan dan kita berikan untuk negara ini?

udah apa aja yang dilakukan oleh petinggi-petinggi negara untuk negaranya?

bagaimana nasib para pahlawan kemerdekaan yang saat ini masih hidup?apakah negara kita sudah berterima kasih kepada mereka? apakah negara kita masih memperdulikan mereka?

sebenarnya gw sangat miris ngeliat kemerdekaan yang sudah kita raih saat ini, saat ini walaupun negara kita sudah merdeka namun tetap masih banyak warga RI yang belum merdeka.

dari sudut pandang gw, gw ngeliat justru saat ini masih banyak hal-hal yang terbengkalai yang tidak ataupun belum diselesaikan oleh pemerintah, banyak hal yang dibiarkan begitu saja berlalu. seharusnya dari tahun ke tahun negara kita mengalami kemajuan dalam segala bidangnya. namun, gw ngeliat justru sebaliknya. dari tahun ke tahun (dimulai dari awal kemerdekaan 17 agustus 1945) negara kita justru mengalami keterpurukan dan memiliki kesenjangan sosial yang tinggi. saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang tidak meementingkan kepentingan kelompoknya melainkan mereka lebih mementingkan kepentingan pribadi, mereka selalu mendahulukan target mereka ketimbang kelompok mereka. coba liat, mau jadi apa negara kita nantinya bila semua orang sampai saat ini terus memiliki sifat ambisius terhadap kepentingan pribadinya?

gw gak pengen nyampurin urusan orang, semua itu cuman gw liat dari sudut pandang gw aja, ya maaf kalo ada kata-kata salah. karena sebenarnya gw juga salah, karena terlalu ngeliat dari satu sisi, ya mungkin para petinggi negara lagi punya banyak kerjaan sampe-sampe kerjaan dan tanggung jawab buat negaranya sendiri belum bisa dikerjakan (maaf ya pak/bu pejabat).

ganti topiklah, biar asik.

dari tadi pagi semua statsiun tv nyiarin upacara bendera di istana negara, tiap tahun ternyata gak ada perubahan ya. tetep aja kayak gitu (yaiyalah, yakali tiba-tiba ada konser band). waktu teks proklamasi dibacain, gw merinding tiba-tiba, ya mungkin karena saking cintanya gw sama negara ini jadi sampe merinding kali ya. gw jadi inget pas jaman dulu, dari cerita kakek ninik gw, katanya mereka semua masyarakat RI terus bekerja keras untuk melawan para penjajah, kalo lagi ada penjajah yang mau masuk ke desa mereka, mereka langsung pada ngumpet di got yang ada airnya (katanya sih biar gak ketauan sama penjajah itu). trus pada jaman itu, kakek2 ninik2  kita belum punya senjata handal kayak para penjajah, mereka semua cuman make celurit, tombak, batu, pisau (semua alat-alat tajam dibawa keluar). tapi hebatnya mereka, mereka bisa meraih kemerdekaan hanya dengan sebilah pisau dan benda-benda dapur itu!!!

give applause for ninik dan kakek yang sudah bersusah payah melawan penjajah.

prooook..proook..prook..prook..

ini dia nih, teks proklamasi yang udah dibikin semaleman sama bung karno, bung hatta, bung xxx (lupa gw) pada malam 16 agustus 1945.

coba liat, dibikinnya aja dengan ala kadarnya, cuman dengan tulisan tangan diatas secarik kertas. abis itu baru diketikin sama sayuti melik (asik gw masi inget), trus disimpen deh di monas.

ini adalah saksi bisu pada saat mantan presiden soekarno menuliskan dan merumuskan teks proklamasi.

jalan pegangsaan timur no. 56 (tampak depan) tahun 1945

jalan pegangsaan timur no. 56 (setelah dilakukan perubahan oleh pemerintah, lebih dikenal dengan tugu proklamasi) terdapat patung bung karno dan bung hatta.

thanks to.

para pahlawan kemerdekaan RI yang telah bersusah payah meraih kemerdekaan.

ps. sebagai generasi muda di negara ini, sebaiknya kita melakukan hal-hal positif yang dapat mendukung dan menghormati sejarah. cara mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan belajar sungguh-sungguh dan mengabdi kepada negara tercinta Republik Indonesia.

Leave a Reply

