apalah arti sebuah nama.

nama..nama..nama…nama…

apalah arti sebuah nama??? Seperti yang kita ketahui bahwa nama adalah sebuah doa, doa adalah sebuah harapan. Harapan dimiliki oleh semua orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, kelak dengan adanya sebuah nama dan harapan akan memunculkan sebuah wujud kesuseksan yang akan diperoleh oleh individu tersebut.

Hampir setiap manusia dimuka bumi ini memiliki sebuah nama untuk menggambarkan dan mendeskripsikan diri mereka. Nama adalah sebuah penggambaran diri seseorang dan harapan seseorang. Dengan adanya nama maka seseorang akan memiliki sebuah identitas tetap dan tidak ada yang dapat mengganggu mereka. Setiap orang ada yang memiliki nama yang sama maupun yang berbeda. Nama tidak hanyalah sebuah identitas melainkan sebuah harapan seseorang, mengapa?? Karena setiap nama seseorang pasti memiliki sebuah pengertian sendiri dan arti tersendiri, melalui arti dan pengertian itu akan melahirkan sebuah harapan, biasanya harapan yang diinginkan berasala dari harapan orang tua anak, orang tua selalu memberikan nama yang memiliki harapan dan masa depan yang baik, mengapa begitu?? Karena orang tua menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses dan orang yang akan bermanfaat bagi keluarga, lingkungan dan bangsanya. Selain itu seseorang dapat menamakan anaknya juga dikarenakan trend di saat itu, misalnya pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945, pada saat itu banyak sekali anak bayi yang bru lahir dinamakan oleh orang tuanya yaitu soekarno maupun hatta, gosipnya pada masa itu bila mereka menamakan anak mereka dengan nama-nama proklamator maka esoknya anak-anak yang dinamai itu kelak menjadi orang sukses dan orang yang akan bermakna besar bagi negaranya. Hal semacam ini sering terjadi pada saat orang tua menamakan anaknya, event-event besar lain yang sering terjadi pada saat orang tua menamai anaknya adalah pada saat piala dunia, ada cerita asli dari teman saya, pada saat piala dunia ibunya sedang mengandung teman saya (kita sebut fulanah), si fulanah sedang dikandung oleh orang tuanya pada saat piala dunia tahun 1990 dan pada saat itu Negara yang sedang bermain adalah Cameron vs Hungaria, lalu tak lama kemudian sang ibunda fulanah ingin melahirkan sang bayi, lalu dibawalah sang ibu ke rumah sakit, dan tak lama terdengarlah suara tangisan bayi  perempuan dari dalam ruang operas, dan tak lama sang ibu menanyakan kepada suaminya “pa, kita akan menamakan siapa bayi ini?” suami menjawab “mmm, siapa ya ma?? Aha!! Gimana kalo kita namain cameroniwati aja!” sang suami sengaja menamakan seperti itu karena pada malam itu adalah pertandingan Negara Cameron vs hungaria  dan pada malam itu Negara Cameron memenangkan pertandingan melawan hungaria. Namun ide sang suami tidak diterima baik oleh sang istri “pa, janganlah nama itu, kasihan anak kita nantinya, dia mau jadi apa?dari namanya aja udah gak bonafit dan berpendidikan, itu kayak nama asal-asalan” tutur sang istri dengan jelas. Setelah melalui perdebatan yang sangat panjang dan meletihkan, akhirnya nama cameroniwati tersebut tidak jadi diberikan untuk bayi lugu kecil mungil itu.

Selain itu ada contoh lainnya seseorang orang tua memberikan nama kepada anaknya dengan nama pemain bola, hal ini dapat dilat belakangi karena beberapa hal diantaranya yaitu karena pemain bola tersebut berwajah tampan (biasanya sih ibu-ibu yang menamai anaknya dengan pemain bola berwajah tampan) contohnya seperti beckham pemain bola berkewarganegaraan inggris, di Inggris memang banyak sekali anak yang baru lahir dinamakan beckham terlebih lagi pada tahun 2000, di tahun itu saat karir beckham lagi dipuncak dan menjulang tinggi, hampir semua bayi inggris yang lahir di tahun 2000 dinamakan beckham. Selain itu, orang tua menamakan anaknya dengan pemain bola yang handal dan jago (biasanya cirri orang tua ini adalah orang tua yang memiliki imajinasi tinggi dan yang sangat tergila-gila bola, orang tua seperti ini menginginkan anaknya kelak menjadi seorang pemain bola yang jago dan bisa bermain di laga nasional bahkan internasional, dan kelak hal ini dapat terwujud bila mereka menamakan bayi mereka dengan nama pemain bola yang handal) contohnya adalah pemain bola rooney dari inggris dan cristiano ronaldo dari portugal, hal ini sempat booming pada awal tahun 2008, peristiwa bahkan sempat dijadikan sebuah iklan oleh NIKE(dapat dilihat disitus www.youtube.com), karena memang semua bayi yang lahir dinamain rooney atau cristiano rnaldo.

Terlihat bukan dari cerita diatas bagaimana seseorang dapat menamakan bayinya, ada yang melalui trend saat itu, ada yang berasal dari nama-nama sahabat rasul,  ada yang dikarenakan oleh sebuah event, ada yang karena percaya akan suatu hal-hal gaib dsb.

Nah, sekarang beralih ke nama saya, nama lengkap saya adalah DHIYA U SYAHIDAH, kalo kata orang-orang denger namanya aja udah serem “kayak teroris” ya itu dikarenakan nama belakang gw yaitu syahidah, hampir setiap orang mengakui hal yang sama. Sebenarnya nama saya diambil dari tulisan arab, jadi pada awalnya ayah saya membuat nama saya dari bahasa arab lalu ditranslate ke bahasa Indonesia, nah bahasa arabnya

terdiri dari huruf dho,yaa, alif, sya, haa, daa, haa

artinya dari dhiyaa + u ——- cahaya

artinya dari syahidah   ——- syahid/perang

jadi secara keseluruhan arti nama saya adalah cahaya perang, cahaya yang akan menyinari didalam peperangan layaknya seperti genderang perang yang bersemangat dan terus berkobar, dimana cahaya-cahaya ini nantinya akan membawa kemenangan bagi pihak yang adil dan jujur.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa nama tengah saya bukanlah sebuah singkatan, orang-orang yang baru ketemu dan kenal saya selalu menanyakan “ohya u nya apaan? Utami ya?atau utaru? Atau apa?” orang-orang baru itu selalu menyakan hal yang sama dan selalu menebak dengan asal bahwa kepanjangan dari nama tengah saya adalah UTAMI (arrrggh entah kenapa nama Utami selalu sindikat untuk singkatan U!!) dan dalam menjawab pertanyaan orang-orang itu saya selalu menjawab dengan jelas dan panjang dan di tambah dengan penjelasan tertulis huruf arabnya “oh, U itu mah bukan kepanjangan, itu huruf sambung dari dhiya, jadi gini ya mba/mas nama saya itu awalnya dibuat dari bahasa arab trus baru su translate ke bahasa indonesi, jadi gini tulisan arabnya dho, yaa, alif, syaa, haa, daa, haa nah kan yang tulisan dho, yaa, alif nya nyambung semua, dan U itu muncul dari alif tersebut yang nyambung dengan yaa. Begitu mba/mas” selesai saya menjelaskan panjang lebar ditambah dengan tulisan arab, orang-orang itu bertanya kembali “lah, kalo gitu kenapa gak digabung aja jadi dhiyau?” saya menjawab lagi “yaa mana gw tau! yang bikin bokap gw, mungkin menurut beliau jelek kali kalo nama gw digabung gitu, coba aja lo panggil-panggil nama gw ‘dhiyau, dhiyau, dhiyau’ jelek kan? Aneh kali.” Trus orang-orang itu baru mengerti setelah panjang lebar gw jelasin. Nah, itu pengalam gw mengenai nama tengah gw yang sempet jadi bahan omongan disaat baru kenalan sama orang baru. Ya lumayanlah kan jadinya da bahan omongan, daripad habis kenalan trus udah aja, krik krik banget kan. Jadi beruntunglah gw yang punya nama tengah U yang bisa digunakan sebagai bahan omongan awal saat kenalan sama orang baru.

Ok, back to my full name, forget it U!

D H I Y A U S Y A H I D A H

Nama itu adalah pemberian dari orang tua saya, melalui nama itu mereka menginginkan saya dapat menjadi orang yang bisa bercahaya dan bersinar diantara semua orang dan lingkungan yang ada disekitar saya. Cahaya yang akan saya sinari itu adalah cahaya positif yang dapat membantu semua orang, jadi saya tidak hanya mementingkan diri saya tetapi saya juga melihat lingkungan yang ada disekitar saya, saya diminta untuk membantu mereka yang berada didalam kesesatan maupun kegelapan untuk berada di jalan yang terang dan bercahaya sehingga memungkinkan bagi meraka yang berada didalam kegelapan dapat mencapai tujuan mereka dengan cahaya yag saya berikan (hahaha betapa bercahayanya gw J).  Cahaya = petunjuk = penerangan yang dapat menuntut seseorang ke jalan yang benar.

Lalu makna kata syahidah adalah syahid atau perang, di masa saya lahir 20 tahun yang lalu memang sudah bukan merupakan masa penjajahan atau masa peperangan lagi, definisi perang disini adalah seperti hambatan atau rintangan yang saya hadapi dalam kehidupan saya nantinya. Hambatan adalah sebuah masalah yang menghalangi seseorang sehingga menyebabkan seseorang itu tidak dapat maju atau bergerak lebih cepat. Selain itu arti kata syahid disini adalah bukan perang yang seperti biasa kita dengar melainkan adalah sebuah perang di bidang dan aktivitas lain. Contohnya saat ini sudah terjadi perang globalisasi yang semakin mendorong setiap Negara untuk mengikuti perubahan jaman yang ada, dan fungsi saya adalah memberikan cahaya dalam perang globalisasi ini, walaupun saya tidak dapat berbuat banyak dalam membantu karena saya bukanlah penggerak utama atau bukan pemimpin sebuah organisasi tinggi saat ini, namun saya dapat memberikan cahaya peperangan itu dengan selalu mengikuti perkembangan jaman yang ada selain itu saya juga membantu dan turut mengajak teman-teman saya yang lain utnuk mengikuti era globalisasi dan perkembangan zaman, pada saat ini saya hanya dapat memulai dari hal-hal kecil saja contohnya seperti tadi, insyaallah kelak di masa depan nantinya saya dapat lebih bergerak untuk membantu segala masalah yang terjadi di masa itu. Amiiin…

Selain itu makna kata syahidah atau perang bukan hanya didalam perang era globalisasi saja melainkan juga perang dalam makna lain yaitu misalnya dalam bidang edukasi yang saat ini sedang saya tekuni, di dalam bidang edukasi banyak sekali perang yang nantinya akan saya hadapi, menurut definisi kreatif saya, perang yang sudah maupun yang akan saya hadapi dalam bidang edukasi suah banyak sekali. Contohnya:
masa lampau

Perang atau hambatan yang sudah berhasil saya lampaui pada saat lalu adalah sewaktu saya duduk dikelas 3 SMA saya menghadapi adanya ujian akhir nasional dan tes masuk perguruan tinggi nasional. Beruntung perang-perang tersebut dapat saya lalui dan lewati dengan cahaya atau petunjuk yang berasal dari diri saya juga sehingga pada saat ini saya berhasil mendapatkan perguruan tinggi yang saya inginkan yaitu Institut Teknologi Bandung, betapa bangganya saya bisa menjadi salah satu mahasiswa dari PTN terkenal dan terbagus ini. (ooohh thanks god).

Selain itu contoh perang atau hambatan lainnya adalah pada saat saya menjadi salah satu anggota dari Organisasi Intra Sekolah (OSIS), disaat ini saya merupakan salah satu penggerak utama dari organisasi ini, saya yang selalu melakukan diskusi atau debat dengan guru bila ada hambatan atau masalah yang terjadi di saat OSIS ingin menjalankan sebuah acara atau kegiatan besar.  Memang di SMA saya sangat susah dan sulit sekali dalam hal perijinan,

Masa kini

di masa kini belum terlalu banyak hambatan yang dapat saya selesaikan karena beberapa alasan. Yang sudah dapat selesaikan adalah seperti hambatan atau rintangan dalam menjalankan sebuah tugas kuliah. Jujur, dalam setiap perkuliahan dan terdapat tugas kelompok maka setiap anggota kelompok itu selalu menunggu dan bergantung pada saya (yaa mungkin karena arti kata dhiya yaitu cahaya yang merupakan sebuah petunjuk bagi setiap orang, ahay songong abis J, tapi emang nyatanya gitu, yaudah sih gpp). Selain itu saya juga selalu menjadi pemimpin dalam setiap kelompok itu namun pencetusan saya menjadi ketua kelompok juga tanpa disadari jadi seiring berjalannya waktu seiring juga saya menjadi ketua kelompok. Dan alhamdulillahnya semua kelompok yang saya pimpin selalu menjadi yang terbaik, ya mungkin itu bisa dikarenakan juga karena keberuntungan saja (mungkin semua anggota kelompok saya terdiri dari anak-anak  rajin) tetapi saya lebih percaya terhadap nama saya yaitu DHIYA yang artinya CAHAYA PETUNJUK. Oleh karena itu tidak dapat dipungkiri bila banyak orang yang ingin sekelompok dengan saya, ya itu semua dapat terjadi dikarenakan nama yang dberikan oleh orang tua saya (thanks mom and dad).

Masa depan

Untuk dimasa depan, hmmm saya ingin sekali menjadi salah satu anggota dari sebuah perusahaan multinasional dan pada nantinya diperusahaan ini saya tidak ingin dipandang sebelah mata oleh para petinggi-petinggi perusahaan ini, saya ingin agar semua petinggi di perusahaan ini memandang saya tidak hanya dari nama saya saja, melainkan mereka harus melihat apa arti disebuah nama itu dan apa dampak nama itu bagi keberlangsungan perusahaan. Amiiin.. saya ingin dapat menjadi sebuah petunjuk atau jalan keluar bagi semua masalah atau hambatan yang dihadapai oleh perusahaan ini, saya ingin berperan penting untuk membantu perusahaan ke jalan yang benar dan saya ingin membantu perusahaan dalam mencapai segala kesuksesan yang perusahaan inginkan. Saya ingin perusahaan menghargai segala pekerjaan yang telah saya lakukan dan petunjuk yang telah saya berikan.

Ok, bila dlihat dari nama singkatan nama, for DHIYA U SYAHIDAH

D = dimensi adalah sebuah kehidupan yang nantinya akan saya lalui dengan cahaya yang berasal dari diri saya.

H = harapan dari sebuah nama saya adalah doa, kelak nantinya dapat terwujud

I = inilah diri saya yang dapat menjadi sebagai petunjuk dalam menjalani sebuah rintangan

Y = yaaa, pada nantinya saya dapat menjadi seorang pemimpin yang bermakna bagi lingkungan sekitar saya.

A = arogan bukanlah sebuah sifat saya, karena dengan sifat itu dapat menghancurkan segala langkah atau tindakan yang saya lakukan nantinya

U = utami?? Bukan!! Ini bukan singkatan, ini adalah ….. *liat di penjelasan atas, udah gw jelasin panjang lebar

S = simple dan details adalah hal yang harus saya pegang dalam menjalankan sebuah hambatan atau rintangan

Y = youth, saya adalah golongan muda bangsa Indonesia yang akan membantu bangsa dalam menjalankan dan menggerakan Negara ke jalan yang benar (ya, gw bisa bantu dari edukasi)

A = apa yang tidak saya miliki akan saya pelajari dari orang lain, saya belajar dari orang lain.

H = hubungan antar sesama manusia yang baik adalah prinsip dalam hidup saya

I = INDONESIA ADALAH NEGARAKU!!!

D = dimana ada kegelapan disitu saya berada, karena saya akan rela menyinari kegelapan itu dengan cahaya yang saya miliki dan saya akan membawa ke jalan yang benar

A = apa yang akan terjadi bila nama saya bukanlah Dhiya U  Syahidah?? Akan jadi apa saya nanti bila nama saya utami?? Akankah menjadi seperti saat ini? Ataukah lebih? Ya saat ini saya sudah sangat bersyukur dengan nama yang telah diberikan oleh orang tua saya.

H = hole ; lubang, adalah sebuah yang harus saya hindari bila saya tidak ingin terjatuh, saya harus mengusahakan untuk tidak jatuh kelubang yang sama di dalam kehidupan saya.

Arti lain nama saya secara kreatif :

There are 14 letters in your name.

Those 14 letters total to 71

There are 6 vowels and 8 consonants in your name.

My characteristics are: Practical endeavors, status oriented, power-seeking, high-material goals.

The expression:

The expression is well-equipped in a managerial sense. You have outstanding organizational and administrative capabilities. You have the potential for considerable achievement in business or other powerful positions. You can expect to receive the financial and material rewards. You have the skill and abilities to establish or operate a business with great efficiency. You have good judgment when it comes to money and commercial matters, and you understand how to build and accumulate material wealth. Much of your success (or lack of it) may come due to your ability (or inability) to judge character.  I am realistic and practical in your approach to business matters.

The positive Expression produces individuals that are very ambitious and goal-oriented. No one has any more energy that a person with the expression who has a plan laid and is starting to work. No one has any more self-confidence, either. I am an outstanding manager because I can plan, initiate, and complete projects; I am very dependable and determined.

As it always happens, there can be too much of a good thing. If you have too much of the energy in your makeup, you may express some of the negative attitudes. A negative can be very rigid and stubborn. Ambition sometimes has a way of becoming over-ambition, and you may express an unreasonable impatience with the lack of progress. If my negative side is showing, i may be too exacting, both of yourself and of others. Sometimes this can even becomes a case of intolerance.

The expression  very materialistic and also very desirous of status and power. Neither of these drives are inherently negative unless they are taken to an extreme. I must avoid the tendency to strain after money, material matters, status, or power, to the detriment of the other important factors in your life.

A Soul Urge number of 6 means:

With a number 6 Soul Urge, you would like to be appreciated for your ability to handle responsibility. Your home and family are likely to be a strong focus for you, perhaps the strongest focus of your life. Friendship, love, and affection are high on your list of priorities for a happy life. You have a lot of diplomatic tendencies in your makeup, as you a able to rectify and balance situations with an innate skill. You like working with people rather than by yourself. It is extremely important for you to have harmony in your environment at all times.

The positive side of the 6 Soul Urge produces a huge capacity for responsibility; you are always there and ready to assume more than your share of the load. If you possess positive 6 Soul Urges and express them, you are known for your generosity, understanding and deep sympathetic attitude. Strong 6 energy is very giving of love, affection, and emotional support. You may have the inclination to teach or serve your community in other idealistic ways. You have natural abilities to help people. You are also likely to have artistic and creative leanings.

If you have an over-supply of 6 energy in your makeup, you may express some of the negative traits common to this number. With such a strong sympathetic attitude, it is easy to become too emotional. Sometimes the desires to render help can be over done, and it can become interfering and an attitude that is too protective, rather than helpful. The person with too much 6 energy often finds that people tend to take advantage of this very giving spirit. You may tend to repress your own needs so that you can cater to the demands from others. At times, there may be a tendency in this, for becoming over-loaded with such demands, and as a result become resentful.

An Inner Dream number of 11 means:

You dream of casting the light of illumination; of being the true idealist. You secretly believe there is more to life than we can know or prove, and you would like to be provider of the ‘word’ from on high.

Thanks to.

mom and dad yang udah ngasih gw nama yang bagus dan bermakna banget bagi kehidupan anakmu.

Orang-orang baru yang selalu mengira singkatan U dari nama gw adalah kepanjangan dari Utami.

ps. Syukurilah nama yang udah dikasih sama orang tua lo, sesungguhnya sebuah nama itu adalah sebuah doa, dan doa itu adalah sebuah harapan. Oleh karena itu jangan sekali-kalinya lo menyesal dan merasa malu dengan nama yang udah dikasih sama orang tua lo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: