future??

masa depan, enaknya ada apa ya??

enaknya sih di masa depan nanti semuanya serba simple dan praktis, gw sih pengennya koran masa depan yg lebih praktis dan gak ribet berlembar2 spt sekarang ini dan biar kalo dibaca juga asiik, haha pengennya sih.

Koran memberikan banyak manfaat kepada kita lhoo. Sebagai sumber informasi, sumber bahan bacaan, bahkan referensi untuk kita. Koran juga dapat menjadi Media komunikasi massa yang cukup efektf untuk mempromosikan suatu produk. Karena sebab itulah dalam bahasa inggris benda ini disebut sebagai newspaper. Yup, kertas berita. atau surat kabar.

Sadar atau gak, ada beberapa disadvantage yang kita peroleh dari koran. Bagi bumi tercinta, koran berperan besar menghabiskan stok hutan karena pemakaian kertas besar-besaran untuk mencetaknya. Setiap hari, jutaan exsemplar koran digandakan diseluruh dunia. Tentunya, jutaan kilo kertas pula yang dipakai untuk membuatnya. Dari sisi pengguna pemakaian kertas ini juga akan menambah biaya yang harus dikeluarkan untuk membaca informasi pada koran. Tentunya pengguna koran (pembaca) akan direpotkan juga dengan limbah koran yang menggunung setiap bulannya.

Nah, dari beberapa kesulitan tadi, muncullah ide untuk membuat koran tanpa kertas,Paperless newspapers. dan ternyata ide ini juga udah dipikirin sm orang lain, dan mereka juga udah pnya desain untuk koran tanpa kertas ini, hebat deh!! Agak Lucu juga konsepnya, Masa kertas berita tanpa kertas.. heehhe. Sekalilagi gw kasitau kalo teknologi ini masih sebatas konsep, belum direalisasikan.

Konsep ini diintegrasikan dengan jam dinding digital. Update berita dilakukan melalui jaringan internet dengan perantara Wifi yang tertanam pada konsep ini. Pada malam hari, anda bisa meletakkan “koran” ini diatas receiver dan pada malam hari content yang telah terdownload akan “dicetak” ke bagian “koran”nya.

gambar 1

gambar 2

Koran ini sendiri sejatinya adalah sebuah display dengan ukuran tertentu (lihat gambar). Yang entah terbuat dari apa (saran:e-paper). Memiliki sifat fleksibel dan transparan saat tidak menampilkan berita. Koran ini juga dilengkapi dengan tombol untuk membaca halaman selanjutnya atau sebelumnya.

Lihat video dari link ini aja biar lebih mudah mahamin apa yang gw maksud dari semua diatas.

ohy, ide2 yang diatas itu sebenarnya udah ada dari org2 ahli teknologi, namun sampe sekarang belum bisa direalisasiin, semoga generasi muda2 yg berikutnya dapat merealisasikan dan mewujudkan ide ini menjadi sebuah kenyataan, amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: