negara dan perusahaan paling kreatif??

Ok, kalo menurut gw dan pendapat temen gw, Negara paling kreatif di dunia adalah Negara tercinta kita yaitu Republik Indonesia. Loh, kenapa harus RI?? Yaa harus dong, RI tuh kreatif banget. Mungkin beberapa dari kalian gak ada yang nyadar kalo Indonesia tuh sekreatif itu. Biar jelas apa yang dimaksud dengan definisi kreatif, gw jelasin dulu nih.

Jadi kreatif adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru(inovatif)atau belum ada sebelumnya , segar ,menarik , aneh dan mengejutkan,berguna dan dapat dimengerti selain itu kreatif dapat didefinisikan sebagai suatu  kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk ciri-ciri aptitude maupun non aptitude, baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang semuanya itu relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

Dan dari definisi diatas sudah banyak muncul manusia-manusia kreatif di Indonesia, orang kreatif di Indonesia tuh banyak “sebenarnya”, tapiii dikarenakan beberapa hal yang tidak mendukung menyebabkan banyak para ahli asli Indonesia yang pergi merantau ke Negara lain untuk mengadu nasib, dikarenakan Indonesia tidak bisa ngurusin orang-orang pinter itu. Jadilah alhasil, Indonesia kehilangan aset bangsanya lagi (ckckckck.. indo..indo..). ok, beberapa contoh orang kreatif di indonesia adalah Ary Ginanjar dengan  ESQ (Emotional & Spiritual Question) , penulis Pramudia Anatatur dengan karya-karyanya yang tak lekang oleh waktu,  penyanyi Kris Dayanti, Mely Guslow, Seniman Titik Puspa, dll. Apa yang mereka ciptakan adalah karya orisinil yang luar biasa dan bermakna serta sangat kreatif, sehingga menyebabkan banyak orang terkesan dan memburu karyanya.

Selanjutnya sisi kreatif lain yang dimiliki oleh Indonesia adalah BERAGAM SUKU BANGSA DAN BUDAYA.

Dari ujung pulau sabang sampai dengan pulau merauke sangat tersebar beragam kebudayaan dan suku bangsa. Coba kalu dibandingin dengan Negara lain, emang Negara-negara lain punya suku bangsa yang banyak kayak kita. kita sebenarnya yang kreatif, Negara lain tuh sebenarnya banyak yang datang ke Indonesia cuman buat mempelajari kebudayaan yang beragam di Indonesia. Negara kita sebenarnya yang udah bikin perubahan yang banyak dan perkembangan, semua Negara menjadikan Negara kita itu sebagai tolak ukur, mereka mengikuti konsep dari Negara kita lalu dengan kecerdasan yang mereka miliki, mereka me-remix sedikit dari kekayaan yang kita punya. Cuman sayang, kitanya aja yang gak terlalu peduli dan ngeh dengan hal-hal seperti itu (kebudayaan kita dicontek dan dijiplak oleh Negara lain, kita hanya duduk manis dan marah-marah sendiri tapi sedikit yang bertindak).

Selain budaya yang dimliki, Indonesia juga sangat kreatif dalam melahirkan beragam macam BAHASA yang dimiliki dari setiap sukunya. Bahasa-bahasa yang dimiliki oleh suku tersebut tidak ada yang punya, cuman kita yang punya dan kita yang membuat. Contoh suku-suku yang tersebar di pulau sumatera (minang, batak, Palembang, dll) nah, biasanya diakhir kata selalu diakhiri dengan huruf o, misalnya “iyo”, “ndak ado”, “ba a ko”, dll, dst, dkk. Nah, trus kalo dari suku bangsa yang ada di pulau jawa, contohnya suku betawi, bahasa orang betawi hampir punya banyak kesamaan dengan bahasa Indonesia. Bahsa betawi juga salah satu anak bahasa dari bahasa melayu, oleh karena itu banyak bahasa melayu (Negara Malaysia) yang digunakan dalam bahasa betawi. Ciri khas bahasa betawi adalah menggunakan akhiran “A” menjad “E”. sebagai contoh siape, dimane, ade ape, kenape tetapi “E” di Jakarta dan Malaysia berbeda “E” dalam bahasa betawi merupakan “E” dengan aksen tajam sepert “E” dalam kata “NET”. Daerah lain di Indonesia yang mengubah akiran “A” menjadi “E” adalah Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Bali.  Walaupun tidak semua mengubah akhiran “A” menjadi “E:, ad apula penduduk di lima daerah tersebut yang mengubah akhiran “A” menjadi “O”.

Disamping itu, Negara kita juga sangat kreatif dalam menciptakan BERAGAM MAKANAN, makanan  yang ada di Indonesia sudah sangat tersebar luas dan beragam sekali. Sampai-sampai, ada beberapa Negara yang mengklaim bahwa rendang adalah makanan khas Negara xxxxxx itu. Sunggu terlalu, orang udah jelas-jelas rendang itu dari Padang, Sumatra Barat tapi kok bisa-bisanya ya mereka dengan beraninya mengklaim kalo rendang adalah makanan asli dari Negara mereka (ckckckck jangan gitu dong pakcik makcik, kan kasian paktuo dan maktuo saya di Padang yang udah capek2 bikin rendang…). Contoh lainnya makanan yang ada di suku betawi aja ada banyak, misalnya kerak telor, bir pletok, soto betawi, gado-gado, tape uli, dkk. Banyak kan. Nih beberapa contohnyaa..

makanan khas papua

bakpia patok khas D.I.Y

rendang khas PADANG

Teruus, indoensia juga punya BERAGAM UPACARA ADAT kesenian yang tersebar di Indonesia banyak lhoo. Dan banyak juga turis-turis atau wisatawan yang sangat tertarik dengan upacara2 keadatan kita. Contohnya ya di daerah Toraja(suku Toraja), banyak wisatawan yang berdatangan ke tempat itu untuk melihat prosesi penguburan mayat, yang katanya mayat-mayat itu terbang trus mereka naik ke pohon sendiri tanpa bantuan manusia, lalu menempati kuburan2 pohon yang telah disediakan sebelumnya. Upacara adat emang ekstrim banget kalo diliat-liat, ya kali mayat terbang trus tidur sendiri di makamnya, kan bagi orang yang baru pertama kali ngeliat pasti bakalan terkagum-kagum. Selain itu, ada lagi nih yaitu upacara adat di daerah mentawai yang mewajibkan setiap anak yang sudah dewasa untuk dikikis giginya dengan menggunak sebuah benda tajam seperti golok (tapi bukan golok juga), jadi untuk menandakan kalau anak-anak itu sudah dewasa mereka harus mengkikis giginya (sadis juga sih, soalnya ini dilakuin sama orang awam dan bukan dokter dan tanpa dibius, sakit kan pastinya). Nah, kalo dari suku betawi ada macem-macem upacaranya, diantaranya upacara nujuh bulanan, sunatan, upacara kerik tangan dll. Selain itu ada juga upacara adata dari suku dayak wehea, yaitu pesta adat Lom Plai, dimana pesta adat ini selalu dilaksanakan setiap tahun dan dilakukan setelah panen usai. Upacara adat ini merupakan tradisi peninggalan lelhur yang diwariskan secara turun temurun dan hingga sekarang terus dilestarikan. Trus ada lagi nih, upacara adat kenyau dari suku dayak. Upacara ini merupakan wujud balas jasa anak dan keluarga besar kepada orang tua yang baru saja meninggal dunia,upacara ini merupakan perwujudan kepercayaan system adat suku dayak tunjung dalam memberikan gambaran ungkapan terima kasih kepada arwah leluhur yang selama ini berjasa dan biasanya di puncak kegiatan ini sejumlah kerbau ramai-ramai ditusuk sebelum disembelih.

upacara adat suku dayak tunjung

dan yang terakhir Indonesia punya banyak macam KESENIAN. Gokiil ya Indonesia, punya banyak banget sih hal-hal kreaftif yang dapat dibanggain. Kesenian Indonesia juga gak kalah serunya sama upcara adatnya, soalnya banyak banget juga wisatawan asing maupun domestic yang sering berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia cumin buat ngeliat kesenian yang kita punya. Contoh yang gampangnnya aja deh, yaitu pulau bali, banyak wisatawan asing yang dateng ke pulau itu cuman buat ngeliat tari kecak yang khas dari Bali. Mereka rela-relain dateng ke Indonesia untuk ngeliat dan mempelajari itu. Kalo dari kesenian bisa diliat sangat kreatifnya Indonesia memiliki beragam macam music dan tarian, contohnya kalo tarian tuh ada tari piring, tari kecak, tari uncul, tari seketre, tari sipatmo dll. Kalo dari musiknya juga baeragam ada music gamelan, music rebana, music keroncong, music manura, music gondang, music randai, dll.

Selain itu hal yang dapat membuat Negara kita menjadi satu dan kuat karena Negara ini berlandaskan asas kekeluargaan. Nah dengan asas itu, Negara kita menjadi satu walapun teridiri atas beragam kebudayaan,  pedoman yang dimiliki oleh Negara kita adalah ….

Denagan asas bhineka tunggal ika, yang artinya walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua. Dengan asas yang terus dikumandangkan ini membuat Negara kita menjadi satu dan sangat kreatif. Contohnya masyarakat Indonesia sangat kreatif dalam menyembunyikan uang yang bukan haknya. Mereka sangat bisa dan kreatif dalam ide-ide untuk menyembunyikan uang-uang itu. Entah bagaiman caranya dan dimana diletakkanya tidak ada yang tau, yang tau hanya mereka, kenapa? Ya, karena mereka sangat kreatif, mereka tuh bisa banget buat melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata/strategi, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Sehingga sangat sulit sekali dilakukannya pembasmian tikus-tikus kecil yang ada disetiap kantor, karena mereka memiliki cara yang selalu berbeda setiap ingin melakukan sebuah rencana/proyek besar.

Dari hal-hal diatas udah dapat dilihat kalo ternyata sekreatif itu Negara kita.

ps. Buat orang-orang pinter di Indonesia, teruslah berkembang dan maju untuk memajukan nrgara tercinta ini, jangan patah semangat untuk meminta hak kalian dalam rangka bertujuan untuk memajukan Indonesia, ada banyak pendukung kalian yang akan membantu. MERDEKA!!!

Pindah ke topik lain sekarang, sekarang pendapat gw tentang perusahaan yang paliing kreatif. Pasti orang-orang pada mikirnya kalo perusahaan yang paling kreatif itu adalah apple (ahh, kalo itu sih semuaa orang juga tau, apple paling kreatif dan inovatif). Kalo menurut pendapat gw dan temen gw (hasil debat semalem) perusahaan yang paling kreatif selain apple adalah NIKE. Kenapa nike?? Yaa karena berawal dari gw suka lambangnya NIKE yang simple tapi ngena banget. ini dia nih, logo yang sering dikasih sama bapak dan ibu guru tercinta kalo lagi ngoreksi ulangan gw (hahaha :))

coba deh, siapa sih yang gak inget sama logo centrang ini??dan logonya yaitu ”just do it”??kayaknya hampir semua orang pecinta olahraga maupun orang-orang awam juga udah pasti bakalan inget sama lambang dan logo perusahaan terkemuka ini. Nike adalah salah satu perusahaan besar yang memiliki profit sangat baik setiap tahunnya, profit perusahaan ini selalu diatas rata-rata. Hal ini dapat terjadi karena kekuatan orang di dalam perusahaan dalam menjual nama nike dimata masyarakat luar. Selain itu, nike juga sangat getol dalam melakukan ekspansi penjualan ke negara-negara di dunia ini, nike langsung terjun dan turun ke lapangan untuk memperkenalkannya kepada masyarakat.

Dalam dunia bisnis, merek dagang bisa dinyatakan sebagai salah satu bentuk monopoli bisnis. Tentunya hal ini pun harus didukung promosi dan iklan atas produk tersebut untuk pengenalan kepada konsumen. Tanpa disadari keberadaan merek dagang tersebut menjadi sangat penting dalam dunia bisnis tidak hanya bagi konsumen tetapi juga produsen.

Salah satu perusahaan yang dapat melaksanakan sebuah iklan besar dengan profit yang besar adalah nike. Iklan nike yang saat ini menjadi salah satu iklan terbaik sepanjang zaman adalah write the future. Check this out!!!

(maaf saudara2, gw drtd udh susah payah download video write the future, tapi apa daya, gak bisa bro… kalo yang pensaran mau liat, coba klik gambar ini)

Nike selalu menganggap kalo iklan adalah salah satu media yang tidak selalu dapat digunakan untuk menjual produk perusahaan namun disamping itu nike menganggap iklan adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menjual merk. Dalam sebuah iklan nike menggabungkan nama merk dan citra ke dalam struktur budaya olahraga dan selalu terdapat unsur kemenangan.

Yak, mari kita mengulas sejarah dikit. Jadi, pada awalnya nike berdiri dengan nama Blue Ribbon Sport, merek Nike yang diketuai oleh Phil Knight dan Bowerman ini, dua perjaka muda ini memulai bisnisnya hanya dengan modal US$ 1.000. Namun dengan ketekunan dan keuletan dan kecacingan yang mereka miliki, mereka dapat melihat peluang dan kegesitan sebagai pionir, Nike Inc yang mempunyai 500 pabrik dan 45 kantor di seluruh dunia, kini mampu meraup keuntungan US$ 16,325.90 juta hanya dalam setahun (Mei 2006-Mei 2007) atau laba bersih US$ 569,7 juta pada kuartal I 2007–2008. Hasil tersebut 51% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya US$ 377,2 juta.

Nike terus menunjukkan konsistensi kualitas dan peningkatan keunggulan komparatif dalam mempertahankan brand mengalahkan pesaing kuat lainnya seperti Adidas, Umbro dan Reebok. Misalkan dengan melakukan kerjasama dengan Michael Jordan, Christiano Ronaldo dan atlit paling populer versi Forbes 2007, Tiger Woods. Juga mensponsori klub Brasil dalam Piala Dunia 1998 dan pertandingan olahraga bergengsi seperti Olimpiade Beijing 2008 mendatang.

Selain itu, dengan adanya iklan yang sangat menjual juga akan dapat membantu nike dalam mengedapankan produk mereka, dalam piala dunia 2010 yang lalu, Nike boleh saja bukan sponsor resmi, namun dengan strategi kampanye “Write the Future”, produsen perlengkapan olahraga raksasa itu berhasil mengalahkan sponsor resmi Adidas. Riset menunjukkan respon khalayak via online terhadap Nike adalah sebesar 30,2%, dua kali lebih besar dibanding Adidas selama turnamen Piala Dunia. Kampanye “Write the Future” Nike merupakan tayangan video berdurasi tiga menit yang menceritakan tentang khayalan pemain-pemain bintang seperti Wayne Rooney, Didier Drogba,Cristiano Ronaldo dan yang lainnya dalam mengontrol takdir mereka menjadi pemain sepakbola dunia.

Merek dagang juga merupakan salah satu cara pertama bagi pengusaha menembus rantai perdagangan. Tidak hanya itu, slogan dan logo yang simpel dan mudah diingat tentu membantu terjalinnya hubungan psikologis konsumen dengan merek dagang suatu produk. Ketika ikatan dan kepercayaan itu terjadi, itu merupakan keuntungan terbesar bagi produsen karena dengan sendirinya produknya akan laku dipasaran dengan lebih mudah.

Produk berkualitas dan berkelas menciptakan daya beli masyarakat yang tinggi. Nike yang berpredikat sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia diyakini berhasil menghipnotis masyarakat Indonesia dan dunia.

Pada saat ini, produk yang dijual nike tidak sebatas hanya sepatu saja, namun saat ini nike sudah mulai berekspedisi untuk menjual seperti jaket, topi, jam tangan, handband, serta produk olahraga lainnya. Dan baru-baru ini nike juga bikin terobosan terbaru lho, nike kerjasama dengan apple lebih tepatnya untuk ipod dan iphone. Dimana nike memperkenalkan pengembangan ipod/iphone yang bisa dikombinasikan pada sepatu lari. Didalam sepatu dipasang chip yang mampu mengirimkan data ke ipod, yang salah satu fungsinya adalah untuk menghitung jumlah langkah. Kayak gini, contohnya.

Produk kreatif dan inovatif memerlukan strategi pengembangan dan manajeman yang baik. Hal ini pula yang dilakukan pihak Nike agar selalu eksis dalam kancah dunia bisnis agar terus menghasilkan produk-produk yang berkualitas fenomenal seperti rencana Nike di tahun 2011 untuk menjadi perusahaan bebas karbon.

Nah, tapi ada satu hal juga yang membuat image nike buruk di mata masyarakat yaitu buruh kerja nike. Denger-denger sih katanya nike memperkerjakan buruh-buruh dibawah usia kurang layak untuk bekerja. Hal ini sempet didenger, banyak berada di daerah indonesia, meksiko, vietnam dan cina. Pada saat ini nike sering banget dikritik tentang hal itu oleh masyrakat dunia, nike berusaha untuk menutupi kondisi kerja yang buruk serta eksplotasi buruh. Nike adalah salah satu perusahaan besar terkemukan yang tidak punya pabrik pribadi, mereka lebih suka menggunakan tenaga outsourcing, jadi nanti tenaga luar itu akan mengirimkan kebutuhan-kebutuhan nike. Hal ini dilakukan oleh nike karena dapat mengefisienkan dan meminimalisir ongkos produksi.

Dari sini, kita udah bisa ngeliat kan, kenapa merk dagang dari suatu perusahaan sangat penting bagi branding suatu merk perusahaan, walaupun banyaknya masalah ataupun konflik yang terpublikasi, tidak akan membuat kosumen beralih ke merek lain. Hal ini karena ikatan psikologis antara Nike dengan konsumen fanatiknya telah terjadi, selebihnya, biarlah konsumen yang menilai. nah, sekarang kita sebagai bangsa indonesia harus dapat meniru nike dalam mengiklankan merk dan produk dagangnya kepada msyarakat luar. Produk indonesia pasti bisa mendunia seperti produk nike!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: